fbpx
(0 pemilihan)

Perubahan zaman yang berubah lebih cepat Pilihan

Didiklah anakmu untuk suatu zaman yang berbeda dengan zamanmu

Zaman berubah ? Benarkah ? Ini cuma Hoax atau memang benar zaman itu berubah ?

Konon katanya kita ini sekarang telah pindah dari zaman kebendaan dan memasuki ‘zaman psyhozoic’, yaitu zaman akal pikiran. Akan sukseskah atau gagalkah Anda sekarang ini terletak pada ‘orang seperti apa Anda’ sesungguhnya, dan ‘bagaimana  Anda berfikir’ , jadi bukan lagi pada aset-aset yang berhasil dikumpulkan dalam hidup sejauh ini. Masa depan Anda lebih tergantung pada ‘kemampuan’ Anda untuk mengaplikasikan ‘akal pikiran’ dan kepandaian Anda pada pekerjaan dan hidup Anda dari pada apa yang menempel pada pekerjaan atau situasi yang Anda hadapi sekarang.

Ada 3 kekuatan utama di zaman sekarang yang harus anda kuasai yaitu kekuatan informasi, teknologi, dan kompetisi. Revolusi informasi yang digenjot melalui  informasi komputer, internet, dan komunikasi nirkabel, telah membuat ilmu pengetahuan disegala bidang berkembang 2 kali lipat setiap 2- 3 tahun. 90 % lebih pemikir, penemu, insinyur, ilmuwan, penulis, pengusaha, dan pencipta di segala bidang, hasil kerja mereka nyaris secara langsung dapat dipergunakan oleh ilmuwan lain sehingga keluaran akhir yang diperoleh dari proses pengetahuan ini dapat berlipat dua hingga tiga lipat.

Teknologi komputer berkecepatan tinggi berkembang sangat cepat bahkan kini telah ada komputer  ultra yang dilengkapi microchip yang mampu memproses satu miliar perintah pada satu detik, dengan baterai berdaya hidup panjang, bahkan sebagian komputer jinjing sekarang didalamnya ditanam telepon genggam yang tersabung pada sel-sel dan satelit-satelit yang membuat kita bisa berkomunikasi secara langsung dengan siapa saja kapan saja dimana saja di seluruh dunia. Dengan komputer jinjing, bahkan via telepon genggam, sekarag kita bisa berkirim e-mail ke seluruh dunia dalam berlusin-lusin, beratus-ratus bahkan beribu-ribu kepada orang lain secara simultan, dalam waktu hanya beberapa detik dan dengan biaya yang sangat rendah.

Di dunia kompetisi, agar mampu bertahan dan berkembang, setiap individu dan setiap usaha bisnis harus terus menerus mencari berbagai cara yang cepat, lebih baik, lebih baru lebih murah dan lebih mudah dalam meniptkan ‘nilai’ bagi para pelanggan setia dan pelanggan baru  mereka, demi menjual sebanyak-banyaknya dan mendapatkan keuntungan secara lokal, nasional maupun internasional, seluas mungkin. Dengan teknologi yang berkembang cepat menciptakan peluang-peluang baru yang dapat dengan mudah direbut dan dilarikan oleh para pesaing yang lincah, demikian saling kejar mengejar bersaing dan berkompetisi.

Inilah dunia kita sekarang !

80 % produk dan jasa yang akan kita gunakan di 5 tahun kedepan adalah produk dan jasa yang benar-benar baru atau hasil perubahan total produk dan jasa yang ada saat ini. Kurang lebih 80% pekerjaan yang dimiliki oleh orang 5 tahun yang akan datang adalah jenis-jenis pekerjaan baru atau pekerjaan-pekerjaan yang telah diubah sebagai akibat ledakan yang terjadi di bidang informasi, teknologi dan kompetisi. Dan setiap perubahan yang terjadi akan memperlebar peluang dan kemungkinan Anda untuk mencapai sasaran Anda dan untuk meraih kemajuan yang lebih besar dan lebih pesat dari sebelumnya.

Inilah dunia kita sekarang !

Perubahan akan menjadi satu hal yang tidak akan berubah. Kekuatan perubahan mempengaruhi segala sesuatu yang Anda lakukan. Perubahan akan bergerak sangat cepat dan semakin cepat, hingga kita nyaris tak menyadari bahwa perubahan itu ada dan terjadi sekarang ini.

Masalahnya buat kita sekarang adalah,  dengan dunia yang seperti ini sekarang : apakah kita dan anak-anak kita akan menjadi ‘master perubahan’ atau justru menjadi ‘korban perubahan’? Apakah kita akan menjadi ‘pencipta perubahan’ atau akan menjadi ‘budak perubahan’ ? akan menjadi ‘buih’ atau menjadi ‘air bah’-nya?

IQRA ! Mari kita renungkan…………

Yuk mari cari sekolah yang pas buat anak kita klik di sini

Penulis. Muhammad Harun

Baca 4713 kali Terakhir diubah pada Sabtu, 22 Februari 2020 23:30
SMP AL-FATIH

Adab Sebelum Ilmu, Ilmu Sebelum Amal